Always be Joyful, Never Stop Praying ~ 1 Thessalonians 5:16-17


Demodex si Kutu Wajah

Jerawat kamu ga sembuh-sumbuh dan lama kelamaan meradang, terus makin banyak? Padahal sudah diobati tapi ga sembuh juga.. Hilang satu tumbuh tiga… 
Ada banyak penyebab timbulnya jerawat, mulai dari debu, lemak, atau pun makanan atauuu… KUTU. Hati hati ada kutu diwajah kamu. Kutu? Ya kutu, ada banyak jenis kutu hidup merugikan di kulit manusia, salah satunya demodex. Demodex dapat menyebabkan  kulit terasa gatal, kasar, berjerawat dan penuaan dini. 
Demodex adalah sejenis kutu yang hidup sebagai parasit di kulit manusia. Demodex pertama kali ditemukan tahun 1841 tapi pembahasan tentang demodex tidak begitu banyak, hanya sebatas habitat, sifat atau prilaku, dan kerugian yang dialami inangnya. Aku berusaha bahas disini dari berbagai sumber, semoga membantu, pertama kit abaca biodata si demodex yuk..

Biodata Demodex
Nama Lengkap   : Demodex Folliculorum dan Demodex Brevi 
Nama Panggilan : Demodex
Jenis : Kutu
Tinggi : 300-500 mikrometer / 0.3-0.5 mm (dewasa)
Warna : Sedikit transparan
Alamat:
+/- 3mm dibawah permukaan kulit manusia. Umumnya tinggal di folikel/kantung rambut dan kelenjar minyak dalam tubuh manusia serta pada pori-pori kulit. Dari lahir, hidup, kawin, bertelur, sampai mati demodex tinggal disitu. Paling banyak daerah hidung, bulu mata, pipi dan kening.
Umur  :
90 hari (setelah itu akan mati). Telur menetas dalam 3-4 hari dan menjadi dewasa dalam waktu 7 hari.
Kaki   :
4 pasang kaki yang berbentuk seperti cakar (kalau beli sepatu boros amat hahah… XD), berfungsi untuk mempermudah bergerak dibawah kulit (ini penyebab kulit terasa gatal dan kasar).
Makes (Makanan Kesukaan) : 
nutrisi yang diperlukan oleh jaringan kulit manusia, termasuk skincare yang kita pakai. Nutrisi yang dibutuhkan rambut, jika batang rambut sudah tipis, kusam, dan nutrisi di akar rambut sudah habis, demodex akan memakan dinding rambut (ini yang menyebabkan kerontokan) hiiii… serem…
Mikes (Minuman Kesukaan)  : 
air yang diperlukan oleh jaringan kulit manusia
Favorite : Tinggal di kulit yang kotor dan berminyak
Hobi: 
Jalan - jalan pada waktu malam atau saat wajah tidak terpapar sinar matahari (terang / cahaya). Ngemil pembuluh dermis (mengakibatkan kulit menjadi kusam, kasar, kering, keriput).

Katanya sih.. ini katanya ya, aku ga tau juga, katanya semua orang pasti punya demodex. What…?!! Menurut penelitian tidak ditemukan demodex pada kulit bayi, makanya kulit bayi bersih dan halus, dan menurut penelitian tidak ada kulit orang dewasa yang bebas dari demodex. 
Berarti semua orang punya demodex benar dong… Ya! 
Hanya jumlah demodexnya yang berbeda tergantung seberapa kotor atau bersihnya kulit kita (kecuali bayi baru lahir ya, bebas kutu). 
Demodex lebih sering bersarang di kulit wanita daripada kulit pria, karena wanita sering menggunakan makeup, so kulit kita lebih sering kotor apalagi kalau cuci muka ga bersih, demodex paling demen tinggal di kulit yang seperti itu. Semakin dewasa seseorang maka semakin banyak demodex di dalam kulitnya. Hal ini disebabkan bertambahnya kelenjar minyak dalam tubuh manusia seiring dengan bertambahnya usia.

Penularan Demodex 
Demodex dapat mudah menular lewat kontak fisik atau udara.
Hayoo.. siapa yang suka cipika cipiki hihi… 






Apa saja dampak demodex ini?
Demodex dalam jumlah sedikit tidak menunjukan dampak yang berarti, tapi kalau dalam jumlah yang banyak akan timbul berbagai penyakit seperti penyakit demodicidosis (penyakit yang disebabkan demodex), misalnya demodetic acne rosacea (jerawat), blepharitis (infeksi kelopak mata), kehilangan bulu mata.. (botak deh..), kerusakan pada kollagen dan elastin sehingga terjadi penuaan dini. Jika demodex sudah mati, maka akan terurai dal pori-pori wajah, jika menumpuk dan tidak dibersihkan akan membuat kulit menjadi kasar, kusam dan elastisitas kulit berkurang.

Cara Membasmi Demodex
Kalau dari ulasan diatas sepertinya sulit untuk menghindari demodex, kita hanya bisa mengurangi jumlahnya yaitu dengan menjaga kebersihan tubuh secara keseluruhan, dari ujung rambut sampai ujung kaki, terutama daerah wajah usahakan selalu membersihkan keseluruhan wajah dengan baik apalagi setelah pakai BB Cream, makeup yang bandel untuk dibersihkan.
Demodex paling sensitive dengan antiseptic seperti sulfur, tapi antiseptic tidak dapat menjangkau demodex pada bagian dalam kulit, jadi harus diobati dengan antibiotic. 
Ada sih toner keluaran dari Etude yang bisa membunuh demodex, namanya Wonder Pore Freshener, eist… bukan promosi ya, justru karena membaca keterangan di produk itu ada fungsi membunuh demodex si kutu wajah aku jadi penasaran apa sih demodex itu.. Ini yang mendorong aku untuk nulis artikel ini.

Facial Gratis
Dari tadi kerugian adanya demodex di kulit wajah, hemmm… ada juga keuntungannya, ketika demodex berjalan, secara tidak langsung sel kulit mati akan terbawa bersamanya, jadi kita dapat facial gratis nih dari demodex, jarang jarang loh ada facial gratis hahaha…

So, sekarang kamu mau membunuh demodex atau memeliharanya dengan baik?
Hayooo…


4 comments: