Always be Joyful, Never Stop Praying ~ 1 Thessalonians 5:16-17


Segudang Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Haloo Maniss... Kali ini aku mau berbagi pengetahuan seputar tomat. Tomat itu termasuk buah atau sayur yaa..? Ooopppss.. bukan itu yang akan kita bahas kali ini tapi mengenai manfaat dari tomat itu sendiri. Oke dehh.. kita kenalan dulu ya dengan si tomat..


Sejarah Tomat
Ada cerita unik tentang si tomat ini. Tomat merupakan tanaman asli Benua Amerika yang tersebar di Amerika Tengah hingga Amerika Selatan. Bangsa Eropa mengenal tomat sejak Christopherus Columbus pulang berlayar dari Amerika. Akhirnya tomat pun menyebar ke berbagai negara dan memiliki berbagai macam julukan seperti apel Cina (Prancis) atau apel surga (Jerman), sedangkan di Inggris tomat dipercaya beracun dan tidak boleh dimakan sampai pada abad ke 19. 

Pada tahun 1821 orang-orang Louisianan di New Orleans mulai memakai tomat dalam berbagai menu masakan mereka. Akhirnya ditiru oleh banyak negara. Di Indonesia sendiri penyebaran tomat dimulai dari Filipina dan negara-negara Asia lainnya pada abad ke-18.

Manfaat Tomat
Tomat mengandung sejenis antioksidan kuat yang disebut Lycopene dalam jumlah banyak, yaitu zat yang membuat warna merah pada buah ini. Juga mengandung asam alfa lipoic yang dapat  membantu mengontrol glukosa dalam darah, meningkatkan vasodilatasi dan melindungi terhadap retinopati pada pasien diabetes, bahkan bisa membantu kelestarian otak dan jaringan saraf. 
Selain itu mengandung kolin yang merupakan nutrisi penting untuk membantu tidur, fungsi gerak otot, belajar, dan fungsi memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impul saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis.

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan
Tomat memang punya banyak manfaat, ga hanya untuk tubuh agar sehat tapi juga untuk kecantikan.  Tomat mengandung  zat antioksidan yang dapat menambah kolagen kulit dan mencegah kulit agar tidak kendur. Selain itu kandungan lycopene pada tomat dapat menangkal radikal bebas dan mempercepat proses regenerasi sel. Tomat juga mengandung vitamin C dan A, serta asam amino yang dapat mengontrol minyak loohh...

Masih banyak lagi manfaatnya, bisa cari di Google, ini beberapa manfaat dari tomat untuk kecantikan:
1. Membersihkan kulit
2. Melembabkan kulit
3. Mengecilkan pori-pori
4. Mengatasi komedo dan jerawat
5. Mengatasi kulit berminyak 
6. Menyembuhkan kulit terbakar
7. Membuat kulit bersinar
8. Mengatasi rambut gatal dan kering
9. Membantu menghaluskan kulit
10. Sebagai anti aging
11. Membantu menghilangkan kantung mata
12. dll

Caranya gimana untuk mendapatkan manfaat dari tomat?
Pastinya rutin makan tomat atau minum jus tomat, selain dimakan biasanya dipakai sebagai masker. So disini aku bagiin resep masker tomat, udah banyak sih beredar cara membuat masker tomat, tapi aku ulangi aja deh yaaa...
1. Tomato Slices
Ini kalau lagi males banget, caranya iris tomat, tempelkan pada wajah dan mata, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air.

2. Tomato Juice
Hancurkan tomat sampai halus, lalu aplikasikan pada wajah selama 15 menit, lalu bilas dengan air.

3. Tomat + Madu
Hasilnya kulit sedikit glowing, yah.. mungkin karena efek madunya juga sih. Hancurkan tomat, boleh pakai sendok atau blender, tambahkan sedikit madu, aduk rata. Aplikasikan pada wajah, diamkan 15 menit, lalu bilas.

4. Tomat + Jeruk Nipis
Hasilnya kulit lebih cerah, nah ini efek jeruk nipis juga. Sama seperti cara no 3, hanya saja tambahannya jeruk nipis. Mau dicampur tomat, jeruk nipis, dan madu sekaligus juga ga masalah.

Biasanya aku aplikasikan pada wajah menggunakan bantuan mask sheet kosong atau masker tablet biar tomatnya ga lari lari hahah.. Efek saat penggunaan akan terasa gatal atau celekit celekit, apalagi didaerah yang sedang bermasalah. Untuk kalian yang kulitnya sensitif, coba dulu tes alergi coz tomat mengandung asam, heeemmm... 

Dari SMP aku sering pakai masker tomat dan hasilnya kulitku lebih sehat, selain itu komedo semakin berkurang, mau white head atau black head, semuanya berkurang. Tapi jangan terlalu sering, cukup satu kali seminggu, kalau ga wajah kalian akan merah seperti tomat hahahhahha... Coz ini pengalamanku, terlalu sering maskeran pakai tomat alhasil wajahku jadi sedikit merah apalagi kalau kena sinar matahari, waduh.. susah bedainya dengan lampu lalulintas.. LOL XD

Kaya manfaat, mudah didapat, dan murah. Coba deh cari tomat di dapur kalian atau beli dipasar biar bisa dapatkan manfaat dari si tomat. Oke deh selamat bertomat ria, sampai disini dulu info dariku ya.. byeee... ^^

0 komentar:

Post a Comment